Jadikan STRESS Teman Anda ?

           Jadikan STRESS Teman anda ?-Kita pasti pernah mengalami stress. Entah berapakah stress yang kita alami setiap tahunnya 1 hal yang kita tahu adalah stress tidak baik bagi kesehatan.

Stress
Stress

Penelitian yang dilakukan di USA selama 8 tahun menunjukan orang yang mengalami stres berat selama setahun meningkatkan resiko kematian sebesar 43% tapi itu hanya berlaku bagi mereka yang memandang bahwa stress berbahaya bagi kehidupan mereka. Bahkan dicatat bahwa 182,000 orang meninggal lebih cepat bukan karena stress tapi melainkan karena percaya bahwa stress berbahaya bagi kehidupan mereka. Ketika orang dihadapkan kepada stress reaksi tubuh akan meningkatkan pernafasan , detak jantung meningkat bahkan gelisah biasanya kita mengintepretasikan perubahan ini sebagai tanda bahwa kita tidak baik menghadapi stress tapi bagaimana jika melihatnya melihat bahwa stress itu hal yang bermanfaat sebagai tanda bahwa tubuh kita sedang mempersiapkan menghadapi persoalan tersebut. Detak jantung yang meningkat dapat diartikan untuk meningkatkan oksigen ke otak. Jadikan STRESS Teman Anda?

Penelitian

Dalam penelitian yang dilakukan Harvard, peserta yang diberitau bahwa stress adalah hal yang bermanfaat menunjukan bahwa mereka cenderung tidak begitu gelisah, lebih percaya diri dan reaksi fisik mereka berubah. Orang yang diberitau bahwa stress bermanfaat memiliki pembuluh darah yang tetap rileks dan tidak ada penyempitan dalam pembuluh darah. Jadi pandangan kita mengenai stress sangat menentukan. Bukan hanya itu saja,stress juga dapat melepaskan hormon oksitoksin. Hormon ini memacu kita untuk mencari dukungan. Reaksi biologis ini mendorong anda untuk menceritakan perasaan yang dialami kepada orang lain.

Ketika hidup kita sedang sulit reaksi stress ini mengakibatkan kita ingin dikelilingin oleh orang-orang yang peduli terhadap kita. Jadi tubuh kita dibuat untuk memiliki ketahanan terhadap stress dan mekanisme itu adalah hubungan manusia. Jadi ketika kita dihadapkan kepada stress ingatlah bahwa itu adalah bagian dari persiapan tubuh untuk menghadapi permasalahan itu. Stress pula membuat kita semakin memiliki hubungan yang erat dengan orang-orang yang dekat dengan kita. Jadikan STRESS Teman Anda ?

Share ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *