Manfaat Kolostrum bagi Kesehatan

Manfaat Kolostrum bagi Kesehatan-Kolostrum, Peningkat Daya Tahan Tubuh-Apakah sesungguhnya kolostrum itu? Kolostrum merupakan cairan kekuningan kental yang dihasilkan saat pertama kali masa menyusui. Kolostrum merupakan susu pertama yang mengandung antibodi serta imunoglobin tinggi sehingga bayi yang baru saja lahir diharuskan mengkonsumsi kolostrum tersebut.

Salah Satu Produk Kolostrum
Salah Satu Produk Kolostrum

Pada umumnya orang mengira kolostrum hanya dapat dikonsumsi oleh bayi saja, namun sesungguhnya orang dewasa masih bisa, bahkan masih memerlukan asupan kolostrum atau susu pertama ini. Karena keterbatasan ASI, kolostrum untuk orang dewasa tidak lagi diperoleh dari ASI namun dapat diperoleh dari susu pertama sapi yang komposisinya mendekati ASI.

Kolostrum dan Susu Biasa

Dibandingkan dengan susu biasa, manfaat kolostrum bagi kesehatan, di antaranya ialah meningkatkan daya tahan tubuh manusia, mengontrol metabolisme tubuh, mempercepat proses penyembuhan sakit, penyembuhan autoimun, dan lain sebagainya. Kolostrum dikatakan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sebab di dalam kolostrum terkandung berbagai faktor peningkat daya tahan tubuh seperti imunoglobin A, imonogobin D, imonoglobin E yang bertindak sebagai antivirus alami. Selain itu, kolostrum mengandung komponen pengatur metabolisme dan pengubah lemak menjadi energi seperti leptin dan IGF-1. Proline-rich polypeptide yang terdapat dalam kolostrum juga dapat membantu mengatasi rasa sakit dan pembekakan pada penderita penyakit autoimun.

Terlepas dari berbagai penyakit, kolostrum juga bermanfaat dalam penjaga kesehatan tulang. Fungsi dan kesehatan tulang akan menurun seiring pertambahan usia. Penyakit yang sering ditemukan pada orang lanjut usia salah satunya ialah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dengan mengkonsumsi kolostrum yang cukup, kita akan terhindar dari osteoporosis maupun penyakit tulang lainnya. Oleh karenanya, sejak bayi hingga lanjut usia kolostrum sangat diperlukan dalam menjaga tubuh tetap sehat.

Share ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *