Obat Herbal vs Obat Kimia

Obat Herbal vs Obat Kimia-Apa yang anda ketahui mengenai obat herbal? Obat herbal adalah obat yang berbasis pada tanaman atau ekstrak dari tanaman, sedangkan obat kimia merupakan obat-obatan yang disintesis dengan bahan campuran yang tidak berasal dari tubuh.

Baik obat herbal maupun obat kimia sebenarnya sudah ditemukan dan digunakan sejak lama. Obat herbal biasanya digunakan oleh orang jaman dahulu untuk mengobati penyakit maupun untuk meningkatkan fungsi-fungsi dari tubuh.

Obat Herbal - Jamu
Obat Herbal – Jamu

 

Studi Obat Herbal dan Obat Kimia

Walaupun kedua obat ini sudah ada sejak jaman dahulu, penelitian yang berbasis sains untuk obat herbal masih tergolong baru. Sebagai contoh di Amerika terdapat organisasi FDA, organisasi riset akan obat kimia dan pangan,  dan NCCAM, organisasi riset mengenai obat alternatif seperti obat herbal. FDA dibangun pada tahun 1906, sedangkan NCCAM masih relatif baru ditemukan pada tahun 1992. Indonesia sendiri sebenarnya memiliki potensi yang besar, di mana dari 40.000 jenis tanaman herbal, 30.000 diantaranya berada di Indonesia. Walaupun begitu studi yang ilmiah mengenai tanaman herbal sendiri masih cukup rendah dibandingkan obat kimia.

Saat ini ditemukan bahwa ternyata obat kimiapun sebenarnya masih ada yang bersumber dari tanaman, seperti contohnya Aspirin berasal dari tanaman Gandarusa, Papain yang diisolasi dari Carica, Menthol yang didapatkan dari Mint, dan Morphin dari Opium. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan keuntungan dan kerugian obat herbal vs obat kimia.

Obat Kimia
Obat Kimia

Keuntungan dan Kerugiannya

Obat Herbal vs Obat Kimia. Ada beberapa keuntungan maupun kerugian dari setiap penggunaan obat baik itu herbal maupun kimia.

Keuntungan Obat Herbal atas Obat Kimia

  1. Efek Samping : Sebagian besar dari obat herbal dapat diterima oleh pasien dengan sebagian kecil konsekuensi dibandingkan degan obat kimia. Obat herbal memiliki efek samping lebih sedikit dan baik digunakan dalam jangka waktu yang Panjang
  2. Kondisi kronik : Obat herbal lebih efektif untuk kesehatan untuk kondisi jangka panjang dibandingkan dengan obat kimia. Sebagai contoh obat untuk mengobati artritis, vioxx, ditarik dari pasar dikarenakan adanya resiko meningkatnya komplikasi kardiovaskular.  Alternatif pengobatan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jahe dan kunyit yang kaya akan kurkumin dan turmeron.
  3. Biaya yang relatif lebih murah : Obat herbal lebih murah dibandingkan dengan obat kimia. Riset, percobaan, dan marketing menambah biaya dari obat kimia. Ketersediaan tanaman herbal jauh lebih tinggi dibandingkan dengan obat kimia yang disintesis. Obat herbal seperti jahe, kunyit mudah untuk ditanaman sendiri di rumah. Dalam kondisi terpencil ketersediaan tanaman herbal lebih banyak daripada obat kimia.

Kerugian Obat Herbal atas Obat Kimia

Tidak semua obat herbal baik untuk digunakan dalam situasi yang sedang dihadapi.

  1. Tidak spesifik : Obat herbal terdiri atas banyak komponen sehingga tidak spesifik dalam mengobati. Dalam kondisi yang serius obat kimia lebih cepat dan spesifik dalam mengobati penyakit tertentu. Tetap dibutuhkan diagnose, operasi, dan obat kimia untuk pengobatan penyakit seperti usus buntu, patah tulang, dan sebagainya.
  2. Dosis : Dosis obat herbal seringkali tidak jelas. Orang dapat dengan mudah melebihi batas dosis dengan obat herbal, yang mana dalam kemasan tidak disebutkan dengan jelas.
  3. Racun : Tanaman herbal sebagai sumber obat herbal kadang berisiko karena tidak diketahui beracun atau tidak tanaman yang diambil. Identifikasi yang tidak baik akan sebuah tanaman herbal berisiko terhadap keracunan akan tanaman itu.
  4. Interaksi obat : Penggunaan obat herbal bersamaan dengan obat herbal lainnya ataupun dengan obat kimia kadang tidak sesuai sehingga menimbulkan efek samping.
  5. Regulasi yang tidak jelas : Produk herbal masih memiliki regulasi yang kurang jelas, sehingga konsumen mendapat obat herbal dengan kualitas yang rendah.
Share ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *