Dioxin Dalam Pembalut

Dioxin dalam Pembalut

Dioxin atau TCDD merupakan salah satu senyawa kimia beracun yang sulit untuk diurai di lingkungan namun tetap stabil. Dioxin biasanya larut dalam lemak dan beracun. Salah satu produk yang mengandung dioxin ialah pembalut yang dimana pembalut wanita merupakan benda yang sangat vital bagi kaum hawa bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok ketika seorang wanita sedang menstruasi. Tanpa disadari, ternyata justru menjadi salah satu penyebab penyakit kewanitaan dengan ditemukannya zat dioxin pada pembalut yang merupakan benda pokok. Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO zat dioxin dapat menyebabkan beberapa penyakit jangka pendek dan jangka panjang.

Bagaimana Paparan Dioxin terhadap Manusia

Rute pemaparan Dioxin dalam pembalut melalui kontak kulit atau skin contact memiliki frekuensi yang terbesar daripada rute lainnya. Hal tersebut dikarenakan cara pemakaian pembalut yang memang dikontak langsung dengan kulit. Namun, hal tersebut masih lebih rendah daripada penggunaan pembalut jenis tampon yang dimasukkan ke dalam vagina. Penggunaan Tampon yang dimasukkan ke dalam vagina akan menyebabkan terjadinya kontak langsung antara dinding rahim dengan tampon.

Proses perpindahan Dioxin dalam tubuh melalui pembalut pada saat darah haid jatuh ke permukaan pembalut. Zat dioxin kemudian akan dilepaskan melalui proses penguapan. Uap tersebut pertama-tama akan mengenai permukaan vagina, kemudian diserap ke dalam rahim melalui saluran serviks, lalu masuk ke uterus, melalui tuba fallopi dan berakhir di ovarium sehingga menyebabkan kanker leher Rahim. Hal ini berakibat pada dioxin dalam pembalut.

Bahaya lain dari Dioxin

Pemaparan zat dioxin bukan hanya pada saat seorang wanita menstruasi, pada saat pembalut yang sudah tidak digunakan lagi dibuang lalu dibakar. Hasil pembakaran pembalut yang mengandung zat dioxin ini akan mencemari udara yang kemudian terhirup oleh manusia dan hewan. Apabila terhirup oleh hewan maka hewan yang terhirup tersebut dapat mengalami mutasi gen atau perubahan kromosom pada dirinya dan hal ini sangat berbahaya

Dioxin dalam pembalut
Pada Akhirnya Manusia yang terkena

Partikel dioksin juga dapat jatuh secara langsung ke dalam sungai dan perairan lain. Senyawa dioxin yang terbuang ke dalam saluran air akan terbawa ke sungai dan akhirnya ke laut. Di laut dioxin menumpuk karena sukar untuk terurai, dan masuk ke dalam tubuh hewan air termasuk ikan. Dioxin akan terus menumpuk ada tubuh hewan tersebut hingga akhirnya dikonsumsi oleh manusia

Siapa yang beresiko

1.     Wanita dengan rentan usia 10-40 tahun yaitu remaja perempuan dan wanita dewasa yang belum menopause

2.      Siklus menstruasi teratur

Wanita yang memasuki usia remaja akan mengalami suatu masa yang disebut menstruasi. Menstruasi merupakan proses terjadinya penglepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan, rata-rata menstruasi dimulai saat wanita berusia sekitar 10-16 tahun dan biasanya berhenti sekitar usia 45-55 tahun. Maka sepanjang itulah seorang wanita akan membutuhkan pembalut agar tetap dapat beraktivitas dalam hari-hari haidnya.

Frekuensi Paparan

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, setiap wanita menggunakan 15.000 lembar pembalut seumur hidupnya, artinya setiap wanita beresiko terkontaminasi 15.000 kali dioxin yang terdapat pada pembalut biasa yang menggunakan bahan daur ulang (kertas yang diberi pemutih). Jika seorang wanita mengganti pembalutnya kurang lebih 4 kali sehari maka setiap wanita memiliki frekuensi paparan sebanyak 14.760 lembar pembalut, yang artinya setiap wanita beresiko terkontaminasi atau terpapar dioxin pada pembalut sebanyak 14.760 kali. Hal ini berarti bahwa  selama 41 tahun hidup wanita akan terpapar selama 2.460 hari.  

Apa yang harus dilakukan?

Beredar rumor lama bahwa pembalut wanita itu mengandung dioxin yang berbahaya bagi kesehatan dan dikaitkan dengan kejadian kanker servix.  Masyarakat yang khususnya wanita terkadang hanya membeli dengan begitu saja produk pembalut yang dipasarkan dan kebanyakan dari kaum wanita membeli suatu produk pembalut dikarenakan terpengaruh iklan dan harga yang murah. Dioxin dalam pembalut? Tidak perlu takut akan resiko yang ada. Cermatlah membeli dan menggunakan pembalut agar hidup sehat kini dan nanti

 

Share ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *